EssaysForStudent.com - Free Essays, Term Papers & Book Notes
Search

Konsep Diri, Perlukah?

By:   •  Essay  •  786 Words  •  May 6, 2011  •  1,929 Views

Page 1 of 4

Konsep Diri, Perlukah?

Sangat tidak pantas sekali jika kita langsung menyalahkan orangtua atau guru yang dimasa lalu telah membentuk konsep diri anda menjadi "Saya Bodoh". Kita sudah dewasa, jadi kita harus merubahnya sendiri.

Bagaimana caranya? Caranya sebagai berikut :

1. Kisah Sukses: Berupa kejadian, peristiwa, pengalaman, atau apa saja yang pernah anda alamidalam hidup yang dirasa istimewa. Kisah sukses ini harus anda tulis diatas kertas, tulislah kisah sukses terkini lalu mundur lagi, terus mundur sampai saat anda masih kecil, sampai kisah sukses paling lama yang bisa anda ingat. Ini akan membantu diri agar memberi self-talk positif dan menghentikan self-talk negatif disaat mengalami kegagalan.

2. Simbol Sukses: Bentuknya dapat berupa Trofi, sertifikat ijazah, surat penghargaan, lencana, foto, tanda tangan orang yg dikagumi, rekaman video, kaset, dll.Simbol sukses ini sebagai Reminder (pengingat) akan keberhasilan yang pernah kita raih. Kisah & simbol sukses ini dapat memperkuat kaki "meja" konsep diri anda.

3. Afirmasi Positif: Siapakah orang yang paling anda percayai pendapatnya di dunia ini ?Tentu saja anda sendiri. Maka dari itu tanamkan pada diri kita benih kepercayaan diri dengan ucapan-ucapan positif (Afirmasi Positif). Afirmasi Positif dapat dibuat dgn benar, yakni :

a. Harus Positif.Jangan gunakan kalimat, "Saya tidak bodoh!" tapi gunakanlah kalimat, "Saya cerdas dan terampil!"

b. Menggunakan kalimat waktu sekarang.Jangan menggunakan kalimat, " Besok saya akan rajin belajar," tapi gunakan kalimat,"Saya adalah murid yang rajin belajar."

c. Bersifat pribadi.Gunakan kata "saya"Misalnya,"Saya murid yang pintar dan…."

d. Persisten.Lakukan selama 21 hari non-stop.

e. Dengan hasrat dan antusiasme yang besar.Libatkan emosi anda saat mengucapkan kalimat afirmasi anda.

4. Visualisasi Multi SensoriAgar dapat melakukan cara ini, anda harus masuk dalam kondisi alfa(kondisi di saat anda ingin tidur sehingga terasa rileks dan agak "fly").Setelah masuk kondisi alfa, lakukan langkah-langkah untuk melakukan visualisasi multi sensori, yakni :

1. Tuliskan semua hal-hal positif seperti sikap, kepribadian, karakter, integritas, atau apa sajayang anda perlu ada dalam diri anda yang sukses.

2. Masuklah ke dalam kondisi alfa.

3. Saat kondisi alfa, gunakan mata pikiran untuk melihat diri sendiri yang telah sukses lengkap dengan semua hal positif yang telah anda tuliskan. Lihatlah diri anda yang sedang menerima ucapan selamat dan pandangan hormat & kagum dari orang sekitar anda.Setelah elihat diri anda, coba rasakan perasaan anda saat itu?Masuk lebih dalam dan nikmati! Saat melihat & merasakan hal tersebut, suara apa yang muncul dalam benak anda?apa yang anda katakan mengenai diri anda sendiri? (Lakukan selama 10 menit)

Continue for 3 more pages »  •  Join now to read essay Konsep Diri, Perlukah?
Download as (for upgraded members)
txt
pdf